Kemenristekdikti Dorong Perguruan Tinggi Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Arsip

MEDAN – Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ainun Na’im mengatakan bahwa Kemenristekdikti sangat mengapresiasi pelaksanaan konferensi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip di lingkungan Perguruan Tinggi.

“Hal tersebut mengingat pengelolaan arsip bagi Perguruan Tinggi sangat penting dan bersifat strategis,” ungkap Ainun pada pembukaan ICoASHE 2018 di Emerald Garden Hotel Medan, Jumat (20/4).

Penyimpanan Arsip di Perguruan Tinggi atau arsip akademik yang banyak kita ketahui menurut Ainun penyimpanannya dilakukan di perpustakaan, yang mempunyai fungsi sebagai sejarah kelembagaan dan memenuhi kebutuhan akademis dari Perguruan Tinggi tersebut. Saat ini tuturnya penyimpanan arsip sudah dalam bentuk digital seperti rekaman elektronik dan lain sebagainya.

Masalah kompleks yang terjadi saat ini papar Ainun adalah dalam pengelolaan penyimpanan arsip yaitu pemilihan pencatatan, pencarian, yang melibatkan data besar.

“Saya percaya bahwa itu merupakan tanggung jawab kita semua sebagai pengelola arsip bukan hanya regulator, dan untuk mengatasi masalah itu, saya menyerukan kepada semua institusi Perguruan Tinggi untuk mengambil peranan yang lebih luas dan lebih aktif untuk mengimplementasikan data pada arsip,” tambah Ainun.

Pada era ini arsip akan berubah dari file dokumen menjadi file digital, sehingga tema yang diangkat saat ini sangat relevan yaitu reformasi dan harmonisasi arsip kelembagaan pendidikan tinggi dalam teknologi reformasi.

“Saya harap pertemuan ini akan memperluas perspektif mengenai arsip kelembagaan pendidikan tinggi dalam reformasi,” pungkas Ainun.

Selain itu, Ainun juga mengapresiasi kinerja Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi Indonesia (PAPTI) yang telah memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan pengelolaan kearsipan di Indonesia. Hal itu imbuhnya dapat terlihat dari pengelolaan arsip secara nyata yang sangat diperlukan dalam kegiatan penyelenggaraan Pilkada maupun Pilpres serta mendukung pembangunan bangsa. (EF)

Source: RistekDikti

About author

You might also like

Highlight 0 Comments

Perguruan Tinggi Bukan Pencetak Hoax

Hal tersebut dikatakan Menristekdikti Mohamad Nasir pada pelaksanaan kegiatan Kampus Nusantara Mengaji yang dilaksanakan di Gedung Prof. Wuryanto (Auditorium), Kampus Universitas Negeri Semarang (UNNES), Sabtu (21/4) malam. Nusantara mengaji kali ini

Putri Ketiga Menristekdikti Toreh Prestasi di USBN 2018

Jakarta –  Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menghadiri prosesi wisuda putri ketiganya Hasna Syariva bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta (11/5). Dalam sambutannya pada acara wisuda SMA

Kabar 0 Comments

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kedokteran Melalui Peningkatan Infrastruktur

PALEMBANG – Infrastruktur merupakan salah satu komponen penting yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan mutu pelayanan pendidikan tinggi. Hal ini disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply