Perguruan Tinggi Indonesia Timur Menghadapi Persaingan Kelas Dunia

MAKASSAR – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) menghadiri Rapat Terbuka Luar Biasa Majelis Wali Amanat (MWA) sekaligus mewakili Wakil Presiden RI pada Pelantikan Rektor Universitas Hasanuddin (UNHAS) periode 2018-2022 di Baruga Andi Pangerang Pettarani UNHAS, Tamalanrea Makassar (27/4).

Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu yang terpilih sebagai Rektor UNHAS untuk periode yang kedua menorehkan sejarah sebagai Rektor UNHAS pertama yang terpilih secara musyawarah oleh Majelis Wali Amanat (MWA). Pelantikan Rektor UNHAS kali ini juga merupakan pelantikan pertama yang digelar oleh UNHAS setelah transformasi menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTNBH).

Dalam sambutannya, Menristekdikti menyampaikan bahwa dalam menghadapi era Disruptive Technology, Rektor harus mampu melakukan berbagai perubahan dalam rangka menghadapi persaingan untuk menjadikan Perguruan Tinggi yg dipimpin menjadi Universitas Kelas Dunia (World Class University).

“Syaratnya adalah dengan meningkatkan publikasi Internasional, meningkatkan sitasi atau publikasi yang sudah dilakukan menjadi referensi riset di masa yang akan datang, serta perguruan tinggi harus bisa meningkatkan kompetensi dosen melalui program mobility dan kolaborasi dengan negara lain”, ujar Nasir.

Menristekdikti mengungkapkan saat ini Indonesia mempunyai 4.579 PT di bawah naungan Kemenristekdikti, Kementerian Agama, dan Lembaga lainnya. Namun hanya ada 3 PT yang masuk 500 besar Kelar Dunia.

“mudah-mudahan Tuhan membimbing Rektor yang baru untuk dapat membawa UNHAS menjadi universitas yang berkelas dunia”, harap  Nasir.

Hadir pula dalam acara tersebut Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono, Ketua Majelis Wali Amanat Basri Hasanuddin, Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenristekdikti, Seluruh jajaran anggota MWA, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sulawesi Selatan, Kapolda Sulawesi Selatan, Danlantanal Sulawesi Selatan, Kejaksaan Tinggi, Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia, Para Dekan dan Guru Besar UNHAS, dan Keluarga besar Rektor Terlantik. (WD/MRS)

Source: RistekDikti

About author

You might also like

Highlight 0 Comments

Indonesia dan Tiongkok: Tingkatkan Kolaborasi Iptek, Inovasi, dan Pendidikan Tinggi

JAKARTA – Yang Mulia (YM) Mr. Xiao Qian, Duta Besar RRT untuk Indonesia melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, Kamis (5/4). Delegasi pendamping

Undangan Buka Puasa Bersama LPPM AMIK Indonesia 2019

Bersama dengan ini LPPM mengundang Keluarga Besar YPPI-YPPN berbuka Puasa Bersama pada Tanggal 18 Mei 2019 di Cut Mun, Lamyoeng Kota Banda Aceh.

Kabar 0 Comments

Kemenristekdikti Dorong Perguruan Tinggi Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Arsip

MEDAN – Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ainun Na’im mengatakan bahwa Kemenristekdikti sangat mengapresiasi pelaksanaan konferensi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip di lingkungan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply