Rencana Induk Penelitian (RIP) AMIK Indonesia 2016-2020

Rencana Induk Penelitian (RIP) AMIK Indonesia 2016-2020

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan Rencana Induk Penelitian (RIP) Amik Indonesia Banda Aceh. Rencana Induk Penelitian ini menindaklanjuti kebijakan Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mewajibkan perguruan tinggi menyusun RIP guna mendorong hasil penelitian berkualitas dan memiliki nilai strategis.

Rencana Induk Penelitian ini mengacu pada Visi Pembangunan Nasional sebagaimana tertuang dalam Undang Undang nomor 17 tahun 2007, tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025, yang salah satu pelaksanaannya dijabarkan dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025 bertujuan “Mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Mandiri, Maju, Adil dan Makmur”. Indonesia telah mengalami kemajuan yang signifikan. Indonesia sekarang adalah negara berpenghasilan menengah, dan memiliki GNI per kapita sebesar USD9778. Ekonomi Indonesia sekarang adalah 16 terbesar di dunia. Pembangunan manusia di Indonesia telah meningkat secara signifikan. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 0,474 di tahun 1980 menjadi 0,684 pada tahun 2014, membuat negara ini menjadi salah satu dari sepuluh besar di dunia dalam kemajuan pembangunan manusia dan menempatkannya dalam kategori pembangunan manusia menengah. Indonesia juga telah melakukan berbagai upaya menuju Tujuan Pembangunan Milenium, dengan pencapaian yang signifikan di bidang pengurangan kemiskinan, kesehatan, dan pendidikan. Antara tahun 2000 dan 2015, proporsi penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional turun dari 19 persen menjadi di bawah 11 persen.

Namun kemajuan tidak merata dan tetap ditandai dengan kesenjangan antar daerah, perkotaan/pedesaan, dan gender yang signifikan. Masih ada 28 juta orang yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional dan lebih banyak lagi tidak mempunyai akses ke pelayanan sosial dasar. Di wilayah Aceh, tingkat kemiskinan dua kali rata-rata nasional. Cukup banyak penduduk tidak mempunyai akses ke layanan dasar. Hanya 68 persen populasi memiliki akses ke air minum yang aman dan 61 persen untuk sanitasi, terutama mereka yang berada di pusat-pusat kota. Perempuan tidak memiliki akses yang memadai terhadap pendidikan, pekerjaan, dan bernagai layanan. Antara tahun 2002 dan 2013, ketimpangan pendapatan meningkat sebesar 24 persen dan koefisien Gini telah memburuk dari 0,413 ke 0,329 pada tahun 2002.

AMIK Indonesia Banda Aceh sebagai pihak akademisi berusaha semaksimal mungkin menciptakan inovasi-inovasi melalui penelitian IPTEKS, khususnya bidang manajemen, sesuai kemampuan yang dimiliki. Rencana Induk Penelitian 2016-2020 ini disusun untuk memberikan arahan bagi pusat studi dan kajian, para peneliti serta seluruh sivitas akademika dalam melakukan penelitian sehingga hasilnya dapat permanfaat bagi kemajuan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta pengembangan industri. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat AMIK Indonesia Banda Aceh selalu mendorong agar hasil penelitian dapat diimplementasikan sebagai wujud Tri Dharma perguruan tinggi.

Kami menyadari, RIP ini masih jauh dari sempurna, sehingga perlu masukan dari berbagai pihak demi perbaikan yang berkelanjutan. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tim yang telah membantu tersusunnya RIP ini. Rencana Induk Penelitian AMIK Indonesia Banda Aceh Kepada Pimpinan Yayasan Pembangunan Pendidikan Indonesia (YPPI), AMIK Indonesia Banda Aceh, maupun Program Studi serta dosen dan staf kami ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan. Semoga RIP ini bermanfaat bagi sivitas akademika, masyarakat luas, serta memberi sumbangsih bagi negeri tercinta, Indonesia.

Diharapkan bagi semua pihak untuk memberikan masukan, kritik dan saran berkaitan dengan pengembangan dan sistem manajemen Penelitian AMIK Indonesia Banda Aceh.

Banda Aceh,    Februari 2016 Ketua LPPM AMIK Indonesia Banda Aceh

About author

You might also like

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply